Total Tayangan Halaman

Jumat, 01 April 2011

(bag 5) 10 Pertanyaan pokok tentang Internet dan Intranet


5. Software Standar Apa yang Perlu ?
Umumnya pengguna di Indonesia familier dengan komputer jenis PC dengan perangkat lunak yang bekerja di platform DOS dan Windows.
  • Sistem Operasi : MS Windows 3.x (+ Win32s), MS Windows 95, NT, IBM OS2, LINUX/UNIX
  • Browser : Internet Explorer 3.x, 4.x, Netscape Navigator 3.x, 4.x (Communicator)
  • Utility lain : FTP, Telnet, Finger, IRC, Mail + News Reader dan sebagainya
  • Anti Virus yang bisa bekerja menangkal serangan dari Internet.
Kalau berminat mendalami HTML perlu ditambahkan lagi :
  • Editor HTML : IE dan Netscape telah memiliki editor HTML grafis yang WYSIWYG (seperti Front Page dan Composer), demikian juga yang dari pihak ketiga seperti Dreamweaver (Macromedia) dan PageMill (Adobe). Namun editor HTML konvensional seperti HTML Editor, HTML Writer, Hotdog maupun HoTMetaL tetap diperlukan untuk beberapa alasan
  • Editor Grafis : Corel Suite, Adobe PhotoShop berikut plug in seperti filter KPT
  • Animasi Grafis : GIF Construction Kit dari Alchemy Works, Macromedia Flash atau yang lainnya
  • Image Map : Paint Shop Pro, Map Editor atau yang lainnya
  • Sistem FTP : Untuk transfer file ke host WEB antara lain FTP32 LE, FTP Explorer
  • Koleksi animasi GIF, gambar teksture dan background akan mempercepat mempercantik dan mempermudah pekerjaan.
Seluruh software ini bisa didapatkan dengan mudah di toko software dalam format CD. Harganya cukup terjangkau berkisar antara 15.000 – 60.000 rupiah. Pilihan kedua adalah download langsung dari web site / FTP server Internet software2 dimaksud. Beberapa ISP juga menyediakan fasilitas FTP lokal dimana user bisa mendownload program shareware dan freeware secara lebih cepat. Mintalah informasi ke ISP anda apakah memiliki koleksi software di atas.
Pengertian Utility Lain
Browser adalah software navigasi yang berfungsi sebagai penunjuk dan penuntun sekaligus menampilkan apa yang dijumpai di Internet bagi pengguna Finger adalah fasilitas pencari identitas suatu alamat di Internet Telnet adalah suatu fasilitas yang memungkinkan seseorang menghubungi dan menggunakan komputer yang berada di tempat lain (remote) melalui Internet FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang menjembatani pertukaran file antara dua sistem di Internet. Software yang populer adalah FTP32 LE IRC (Internet Relay Chat) populer disebut Chating adalah suatu media diskusi on line (langsung) atas topik tertentu diantara sekelompok pengguna Internet. Software yang bisa dipakai untuk kegiatan ini misalnya MiRC32 Mail Client + News Reader yaitu software pembaca mail dan news apabila anda memakai fasilitas e-mail, berlangganan majalah elektronik, mailing list dan usenet/news.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar